24
Mei
09

MID FILSAFAT ILMU

UJIAN MID SEMESTER GANJIL TAHUN 2008/2009

FILSAFAT ILMU

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

PROGRAM PASCASARJANA

UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Dosen Penguji : 1. Prof.Dr. H. Fuad Abd. Rachman, M.Pd

2. Dr. Aisyah, M.Pd

1. Bahasa dan matematika dikatakan sebagai sarana berfikir ilmiah. Coba anda jelaskan maksudnya!

Jawab:

Karena bahasa sebagai alat komunikasi verbal yang digunakan dalam proses berfikir ilmiah dimana bahasa merupakan alat berfikir dan alat komunikasi untuk menyampaikan jalan pikiran kepada orang lain, baik fikiran yang berlandaskan logika induktif maupun deduktif. Akan tetapi bahasa verbal mempunyai bebarapa kekurangan yaitu penggunaan bahasa dalam berfikir belum tentu mendapatkan kesimpulan yang benar, oleh karena itulah digunakan bahasa matematika dimana matematika adalah bahasa yang melambangkan serangkaian makna dari serangkaian pernyataan yang ingin kita sampaikan. Lambang-lambang matematika bersifat “artifisial” yang baru mempunyai arti sebagai sebuah makna diberikan padanya sehingga menjadi ekonomis dengan kata-kata.

2. Ilmu mempunyai tiga aspek yaitu : ontologis, epitemologis, dan aksiologis. Coba anda jelaskan dan beri contoh masing-masing aspek !

Jawab:

Ontologi adalah teori yang mempelajari tentang apa itu ilmu. Merupakan cabang ilmu filsafat yang membicarakan prinsip yang paling dasar atau paling dalam dari segala sesuatu yang ada.

Aspek-aspek  keilmuan yang terdapat pada Ontologi, yaitu :

  1. metodis maksudnya menggunakan cara ilmiah
  2. sistematis, maksudnya saling berkaitan satu sama lain secara teratur dalam suatu keseluruhan
  3. Koheren, maksudnya unsur-unsurnya tidak boleh menjadi uraian yang bertentangan
  4. Rasional, maksudnya harus berdasarkan kaidah berpikir yang benar
  5. Konprehensif, maksudnya logis
  6. Radikal, maksudnya diuraikan sampai akar persoalannya atau esensinya
  7. Universal

Contoh: Terjadinya badai Tsunami  seperti  yang terjadi  di Aceh.   Peristiwa  ini   menimbulkan

pertanyaan dan berbagai asumsi, seperti apa itu Tsunami ?

Epistemologi adalah cabang filsafat yang berurusan dengan lingkup pengetahuan. Dan bagaimana cara mendapatkan ilmu.

Epistemologi mempunyai istlah-istilah yang setara dengannya antara lain :

  1. Logika Material, istilah ini terdapat pada kepustakaan belanda bersangkutan dengan kebenaran material atau kebenaran autentik.
  2. Kriteriologi, istilah ini berasal dari kata kriterium yang berarti ukuran. Kriteriologi merupakan suatu cabang filsafat yang berusaha untuk menetapkan benar tidaknya suatu pikiran atau pengetahuan berdasarkan ukuran tentang kebenaran.
  3. Kritika Pengetahuan, suatu pengetahuan yang berdasarkan tinjauan secara mendalam berusaha menentukan benar tidaknya sesuatu pikiran atau pengetahuan manusia.
  4. Gnoseología, istilah berasal dari kata gnosis berarti pengetahuan yang bersifat keilahian, dan logos berarti ilmu. Sedemikian gnoseología berarti ilmu pengetahuan atau cabang filsafat yang berusaha untuk memperoleh pengetahuan mengenai hakikat pengetahuan yang bersifat kelihaian.
  5. Filsafat Pengetahuan, merupakan salah satu cabang filsafat yang mempersoalkan mengenai masalah hakikat pengetahuan

Contoh : Dari pertanyaan-pertanyaan tentang apa itu Tsunami dicari Penyebabnya, sehingga

muncul pertanyaan bagaimana terjadinya badai Tsunami ?

Aksiologi adalah teori tentang nilai. Ia membahas bagaimana ilmu pengetahuan itu digunakan dalam kehidupan sehari-hari dengan memperhatikan nilai-nilai etika dan estetika. Ilmu itu untuk apa dan untuk siapa ?. Aksiologi menjawab untuk apa pengetahuan yang berupa ilmu itu dipergunakan, bagaimana kaitan antara cara pengetahuan tersebut dengan kaidah-kaidah moral

Contoh: dengan ilmu meteorology kita dapat memprediksi cuaca yang akan datang.

(diperkirakan bahwa akan ada badai Tsunami)

3. Ilmu berkembang atas perpaduan antara pemikiran rasional (deduktif) dan pengamatan empiris (induktif). Jelaskan maksudnya dan beri contoh!

Jawab:

Pemikiran rasional (deduktif) adalah berfikir dari umum kekhusus atau dari aturan yang kita terapkan kediri kita sendiri.

Contoh :

  1. Kalau mau buang air kecil kita ke WC, dan ada tulisan untuk laki-laki juga ada yang untuk wanita. Seandainya ada seorang laki-laki mau buang air kecil dan dia masuk ke WC wanita berarti dia tidak berpikir deduktif.
  2. Ada seorang anak naik bis tertera tulisan jauh dekat Rp. 3000,;- Artinya anak tersebut harus menyediakan uang Rp. 3000,-. Kalau dia masih bertanya, berapa ? berarti anak itu tidak berfikir deduktif.

Pengamatan empiris (induktif) adalah membuat suatu kesimpulan dari khusus ke umum. Membuat suatu kesimpulan umum berdasarkan pengamatan termasuk pengalaman kita.

Contoh:

  1. kita naik bis kota, ada yang turun di cinde bayar ongkos Rp.3000,-  ada yang turun di Simpang Sekip bayar Rp. 3000,- ada yang turun di Mesji Agung juga bayar Rp.  3000,- Kesimpulannnya jauh atau dekat onkosnya Rp. 3000-
  2. Seorang Mahasiswa kuliah di Bukit Besar, tinggal di Plaju. Dari rumah pukul 07.00 wib sampai ke Kampus pukul 08.00 wib (berarti terlambat), besoknya begitu juga….sampai empat kali. Kesimpulannya kalau berangkat pukul 07.00 wib dari rumah pasti terlambat. Kalau dia berpikir Induktif dia tidak lagi berangkat pukul 07.00 wib tapi pukul 06.00 wib dia sudah berangkat dari rumah.

4. Ilmu bersifat relatif dan tentatif. Maksudnya? Jelaskan dan beri contoh!

Jawab:

Ilmu bersifat relatif maksudnya tidak mutlak atau bisa berubah sesuai dengan perkembangan ilmu.

Contoh:

  1. Atom berdasarkan teori Dalton, Atom adalah partikel yang paling kecil tetapi kenyataannya

ada yang lebih kecil dari atom yaitu neutron atau proton, maka gugurlah teori Dalton.

  1. Dulu pusat alam semesta adalah bumi, matahari mengelilingi bumi (geosentris). Setelah ditemukannya teropong (tekhnologi) ternyata sebaliknya (Heliosentris) maka gugurlah teori geosentris.

Ilmu bersifat tentatif maksudnya tetap dipertahankan sampai ada yang membantahnya atau ditemukannya ilmu yang baru.

Contoh : Berdasarkan teori  heliosentris bumi mengelilingi matahari. Sampai sekarang belum

ada teori yang membantah teori tersebut.

5. Coba anda berikan suatu argumentasi yang dapat membuktikan bahwa ilmu tidak bertentangan dengan agama! Apakah perbedaan antara ilmu dan agama ?

Jawab:

Ilmu bertujuan untuk mendapatkan kebenaran, salah satu cara untuk menemukan suatu kebenaran adalah melalui agama. Jadi ilmu dan agama kedua-duanya bertujuan untuk mendapatkan kebenaran.

Perbedaan antara agama dan ilmu :

A  G A M A I L M U
  1. Mutlak
  2. Sepanjang masa
  3. Bermula dari keyakinan
  4. Diperdalam melalui ilmu
  5. Tidak bisa dibantah
  1. Relatif, tentatif
  2. Tidak sepanjang masa
  3. Bermula dari keraguan
  4. Memperkuat keyakinan agama
  5. Bisa diperdebatkan

6. Ilmu mempunyai keterbatasan-keterbatasan. Sebutkan keterbatasan ilmu. Apakah ilmu hitam     ( black magic) termasuk dalam bidang ilmu? Jelaskan!

Jawab:

Keterbatasan ilmu :

  1. Terbatas pada daya pikir manusia. Hal-hal yang tidak masuk akal bukan bidang kajian ilmu
  2. Terbatas pada kemampuan penginderaan manusia. Hal-hal yang tidak bisa diamati bukan bidang kajian ilmu

Ilmu hitam (black magic ) tidak termasuk dalam bidang ilmu, karena dalam ilmu hitam tidak dapat diamati dan dibuktikan kebenarannya secara ilmiah.

7. Apakah perbedaan yang mendasar  antara ilmu-ilmu kealaman dan ilmu-ilmu sosial? Apa sebab ilmu kealaman disebut juga sebagai ilmu eksakta? Jelaskan jawaban anda dengan memberikan beberapa contoh!

Jawab :

Ilmu-ilmu Alam (netral sains) Ilmu-ilmu  Sosial (sosial sains)
– Eksak

– Keakuratannya tinggi

– Apa adanya

– Perkembangannya pesat

– Menghasilkan tekhnologi

– Non eksak

– Keakuratannya rendah

– Tidak apa adanya

– Jalan di tempat

– Pemanfaatan tekhnologi

Ilmu kealaman disebut juga sebagai ilmu eksakta karena ilmu kealaman kebenarannya bersifat pasti

contoh

  1. Jika sperma dan sel telur (ovum) bertemu maka terjadilah pembuahan yang nantinya menghasilkan janin.
  2. Jika kita naik tangga, maka denyut nadi akan berdetak lebih cepat.
  3. Orang yang terjun dari Jembatan, setengah mati (karena terjadi benturan)

8. Coba anda jelaskan dengan menggunakan satu argumentasi bahwa matematika bukan ilmu ?

Jawab :

Matematika bukan ilmu karena kebenaran dalam metematika tidak didasari atas pengalaman seperti halnya yang terdapat di dalam ilmu-ilmu empiris melainkan atas penjabaran- penjabaran/ deduksi-deduksi. Matematika merupakan sarana belajar yang penting sekali dalam kegiatan berbagai disiplin keilmuan. Jadi matematika merupakan dasar-dasar ilmu ukur sampai sekarang dan bukan sebagai ilmu itu sendiri.

9. Menurut anda mana yang luas bidang cakupannya, ilmu atau budaya ? mana yang lebih dulu muncul, ilmu atau budaya ? Jelaskan keterkaitan antara ilmu dan budaya?

Jawab :

Yang lebih luas cakupannya dan lebih dulu muncul adalah budaya, karena hasil budaya manusia adalah sejarah kehidupan manusia.

Keterkaitan antara ilmu dan budaya: Budaya adalah apa saja yang dipikirkan oleh manusia sehingga menghasilkan sesuatu , baik material dan non material. Material itu ilmu yang mencakup teknologi contohnya Pesawat yang merupakan hasil budidaya manusia, sedangkan non material bukan ilmu yang menghasilkan kebudayaan, contohnya norma-norma.

10. Apakah ilmu itu bersifat netral atau tidak ! Jelaskan pendapat anda dengan memberikan argumentasi dan beberapa contoh !

Jawab :

Ilmu bersifat netral pada ontologi dan epistemologi. Sedangkan ilmu bersifat tidak netral pada aksiologi. Karena pada saat ilmu itu diciptakan dengan tujuan yang baik bagi manusia untuk melangsungkan kehidupannya tetapi penggunaannya tidak sesuai dengan norma-norma yang ada (Estetika dan etika).

Contoh

  1. Senjata nuklir diciptakan dengan tujuan yang baik, kenyataannya ada yang menyalahgunakan nuklir itu sehingga merugikan manusia.
  2. Penemuan bom atom yang merupakan kemajuan ilmu pengetahuan malahan merugikan manusia.
  3. Formalin biasanya digunakan untuk mengawetkan mayat, pada kenyataannya Formalin digunakan dalam pembuatan  tahu dan bakso yang jelas merugikan kesehatan manusia.

2 Responses to “MID FILSAFAT ILMU”


  1. November 4, 2009 pukul 8:41 am

    assalamu’alaiku Wr WB
    makasih ya ayuk yang baik hati, moga ayuk sehat selalu,banyak rejeki dan terus mengasi informasi untuk kami, makasih banyak ya yukkk,sukses
    wassalamu’alaiku wr wb


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: